Permainan Tradisional Khas Bandung

Permainan Tradisional Khas Bandung yang Hampir Punah Dan Cara Melestarikannya

Permainan Tradisional Khas Bandung yang Hampir Punah & Cara Melestarikannya 

Permainan Tradisional Khas Bandung

Salah satu ciri bangsa Indonesia adalah keberagaman budayanya. Semakin maju perkembangan teknologi semakin mengikis kekentalan budaya di Indonesia. Salah satunya permainan tradisional khas Bandung yang hampir punah. Tidak hanya menyenangkan saat dimainkan. Permainan ini juga mengandung nilai karakter bagi anak-anak yang memainkannya.

Baca Juga : 5 Wisata Kuliner Malam Di Bandung

Permainan Tradisional Khas Bandung yang Hampir Punah

Setiap daerah memiliki permainan tradisional yang khas dengan karakterisitik penduduknya. Salah satunya daerah Bandung yang mempunyai ciri khas permainan yang dimainkan oleh anak-anak dari bumi Parahyarangan. Istilah ini dinamakan Kaulinan Sunda, salah satu budaya masyarakat Bandung ini telah lama ditinggalkan karena anak-anak lebih tertarik bermain gadget. Kaulinan Sunda perlu dilestarikan karena salah satu citra budaya Indonesia.

  1. Cingciripit
Sumber Foto : www.nubandung.id

Permainan tradisional khas Bandung secara berkelompok yang dapat dilakukan oleh banyak orang dengan menyanyikan lagu. Permainannya adalah sekelompoak orang berkumpul membentuk lingkaran. Ada salah satu pemain yang berperan menjadi kucing atau dalam bahasa sundanya adalah emeng. Emeng akan menengadahkan satu telapan tangannya di tengah-tengah.

Kemudian telunjuk salah satu tangan para pemain lainnya akan diletakkan di atas tangan emeng. Saat posisi tersebut, seluruh anggota akan bernyanyi bersama. Saat lagu akan segera berakhir, seluruh anggota kecuali emeng harus siap-siap mengangkat tangannya agar tidak tergenggam emeng. Pemain yang telunjuknya tertangkap emeng akan dinyatakan kalah dan harus berganti peran menjadi emeng.

  1. Oray-Orayan
Oray Orayan Permainan Tradisional Khas Bandung
Sumber Foto : www.cewealpukat.com

Jenis permainan tradisional khas Bandung yang mirip dengan ular tangga. Ada dua pemain yang berperan menjadi gerbang bulan dan gerbang bintang. Kemudian seluruh anggota yang tidak menjadi gerbang akan berbaris dan berjalan melewati pemeran gerbang sembari menyanyikan lagu yang berjudul oray-orayan.

Pemain akan dipilih secara random mengenai siapa yang akan ditangkap. Kemudian, akan diberikan pilihan untuk bergabung bersama bulan atau bintang. Setelah masing-masing kubu terisi, maka akan saling adu kekuatan masing-masing kubu layaknya permainan tarik tambang.

  1. Galah Asin
Sumber Foto : www.id.wikipedia.org

Galah asin salah satu permainan khas Bandung yang dimainkan oleh dua kelompok dengan kelompok pertama bertugas menjaga daerahnya. Sedangkan kelompok lawan bertugas melewati daerah tersebut untuk bisa ke seberang tanpa tersentuh. Anggota yang berhasil melewati daerah tersebut hingga ke seberang adalah anggota yang menang. Sedangkan anggota yang berhasil disentuh oleh anggota pertahanan daerah akan dinyatakan kalah. Perlu ketangkasan untuk melihat kelengahan para pemain bertahan untuk bisa melewati daerah yang dijaga.

  1. Boy Boyan
Sumber Foto : www.keluargacaplang.com

Secara teknis sama seperti permainan bola kasti. Ada dua tim yang bermain dengan tim A sebagai tim pelempar dan tim B sebagai tim penjaga tumpukan. Tim B akan menumpuk pecahan genteng atau keramik atau batu yang bisa ditumpuk. Kemudian tim A akan melemparkan bola ke tumpukan tersebut hingga roboh dari jarak yang telah disepakati bersama.

Tim A akan secara bergantian melempar bola hingga tumpukan milik tim B roboh. Jika anggota tim A berhasil melakukannya, maka dengan sigap tim B akan mengambil bola tersebut dan kembali melemparkan ke tubuh si pelempar. Anggota lain dari tim B bertugas menyusun kembali tumpukan genteng yang roboh. Pemain A yang terkena lemparan bola dari tim B dinyatakan kalah dalam permainan tradisional khas Bandung ini.

  1. Anjang-Anjangan
Sumber Foto : www.indonesiaone.org

Permainan yang mirip dengan pertunjukan drama teater. Ada sekumpulan anak laki-laki dan perempuan yang bermain seolah-olah sedang berumah tangga. Pemain lain juga bertindak sama atau sebagai tetangga atau memilih perannya sendiri. Terkadang ada anak yang bertindak sebagai sutradara untuk menentukan peran dan alur ceritanya.

Cara Membuat Permainan Tradisional Khas Bandung Tetap Eksis

Seperti yang telah disebutkan bahwa permainan tradisional merupakan salah satu budaya yang hampir punah. Maka dari itu perlu dilestarikan agar bangsa Indonesia tidak kehilangan citranya sebagai negara yang dikenal dengan keberagaman budaya. Berikut ini cara melestarikan agar permainan tradisional khas Bandung tetap eksis.

  1. Memasukkannya ke Dalam Kurikulum

Biasanya kurikulum akan memberikan mata pelajaran muatan lokal. Mata pelajaran ini berbeda pada masing-masing daerah. Menyesuaikan dengan kebudayaan dan tradisi daerahnya. Sisipkan permainan tradisional ini agar materi yang diajarkan tetap menyenangkan sehingga anak-anak tetap andil dalam melestarikan budaya berupa permainan tradisional.

  1. Ikutsertakan Dalam Kompetisi

Masukkan ke dalam kompetisi agar para pemain lebih effort dan mengerti betapa pentingnya permainan tradisional khas Bandung. Jika perlu tambahkan modifikasi dalam permainan untuk membuatnya semakin menarik. Tentunya ada hadiah yang akan didapatkan jika berhasil memenangkannya. Tiap-tiap daerah akan tetap eksis dengan budayanya.

  1. Adakan Event Khusus

Adakan event khusus yang isinya berisi jenis-jenis permainan tradisional. Bisa dibuat seperti pasar malam dengan beragam hadiah yang bisa didapatkan. Dapat juga dibuat event seperti pameran untuk mengenalkan pada anak-anak sekaligus memberikan kesempatan untuk memainkannya.

  1. Sisipkan pada Event Penting

Jika tidak bisa membuat event khusus maka bisa disisipkan pada event penting. Sebagai contoh, untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia maka akan ditampilkan berbagai jenis permainan tradisional khas Bandung yang bisa dicoba. Jika tidak ada waktu banyak, maka bisa diberikan kuis berupa materi ini untuk mengenalkan pada anak-anak.

  1. Sosialisasi Media

Salah satu pengenalan yang saat ini lebih mudah dijangkau anak-anak adalah dengan mengenalkan melalui sosial media. Cantumkan jenis permainan pada tren internet agar tetap bisa eksis meskipun jaman semakin maju. Jika selama ini permainan dilakukan secara online, maka pengenalan permainan tradisional bisa dilakukan pendaftaran tim online namun dimainkan secara offline.

Itulah berbagai jenis permainan tradisional khas Bandung yang hampir punah sekaligus cara melestarikannya. Setiap permainan memiliki nilai karakteristik yang bisa membentuk jati diri anak dan tetap dilakukan dengan cara bersenang-senang. Permainan lama juga lebih menyehatkan karena dimainkan di luar rumah dan dimainkan bersama.

Jika kalian sedang jalan-jalan atau wisata di kota bandung dan memerlukan penginapan yang murah bersih dan nyaman pastikan gunakan Turu Hotel.

dan kalau kalian penasaran dengan Turu Hotel, silahkan mengunjungi salah satu properti hotel kami di Sentra Inn Bandung Jl. Emong No.34, Burangrang, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262.

Leave a Comment

Your email address will not be published.