3 Tempat Bersejarah di Bandung yang Cocok Untuk Study Tour

3 Tempat Bersejarah di Bandung yang Cocok Untuk Study Tour  

Kota Bandung merupakan kota yang biasanya dikenal dengan sebutan Kota Kembang. Paris Van Java juga merupakan salah satu julukannya yang memiliki makna bahwa kota Bandung merupakan pusat gaya busana kekinian di Jawa. Tak heran jika Kota Bandung memiliki banyak julukan karena keanekaragaman wisata baik yang dilihat dari sejarahnya maupun keindahan tempatnya.

Tidak sedikit tempat bersejarah di Bandung. Cerita sejarah di masa lampau seringkali terjadi di Bandung. Wisata di Bandung dipercaya mampu membantu pembelajaran siswa untuk mengetahui tempat terjadinya sesuatu di masa penjajahan, kemerdekaan, dan yang lainnya di masa lalu secara langsung. Maka dari itu, Kota Bandung sering menjadi sasaran tempat untuk study tour.  

Beberapa Tempat Bersejarah di Bandung

  1. Gedung Indonesia Menggugat

 

Nama “Indonesia Menggugat” sendiri berasal dari pembelaan Soekarno atas penderitaan masyarakat yang berjudul “Indonesia Klagat Aan” pada sidang pengadilan (Laandrad). Peristiwa itu terjadi di Bandung pada tanggal 18 Agustus 1930. Bung Karno saat itu masih berusia 29 tahun, membacakan gugatan tersebut selama 2 hari. Andries Cornelis Dirk de Graef, yang tak lain adalah Gubernur Jenderal Hindia Belanda merasa tertohok dengan gugatan berisi sindiran keras itu.

Salah satu tempat bersejarah di Bandung ini memang sangat tepat jika dijadikan sebagai tujuan study tour. Saat ini, Gedung Indonesia Menggugat menjadi tempat kumpul para guru, wartawan dan seniman. Kegiatan yang dirasakan di gedung ini biasanya berupa pertunjukan-pertunjukan seni berupa apresiasi puisi, seminar, maupun diskusi. Gedung ini terletak di JL Perintis Kemerdekaan Nomor 5 Babakan Ciamis Sumurbandung, Babakan Ciamis, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung Jawa Barat 40117.

 

  1. Gedung Sate Sebagai Salah Satu Tempat Bersejarah di Bandung
Gedung Sate Bandung
Sumber Foto: www.sufitrans.com

Unik bukan namanya? Nama “sate” ini diambil dari simbol yang mirip dengan sate sebanyak 6 bulat tancapan yang beridiri kokoh di ujung atap gedung.  Sudah ratusan tahun gedung ini masih memiliki bentuk yang sama dan belum dirubah sama sekali. Renovasi yang dilakukan hanya berupa pengecatan ulang termasuk juga revitalisasi. Gedung ini terletak di Jalan Diponegoro Nomor 22, Citarum, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40115.

Tempat bersejarah di Bandung satu ini mengajarkan sejarah kepada para pelajar Indonesia. Dengan mengunjunginya secara langsung, pelajar akan semakin tau cikal bakal berdirinya Gedung Sate. NICA (Netherlands Indies Civil Administration) menganggap gedung ini adalah aset Belanda yang harus direbut kembali. Sedangkan bagi pemuda Bandung sendiri gedung ini pantas berada di Bandung melihat kesengsaraan rakyat atas penjajahan Belanda. Hal tersebut yang menjadi pemicu adanya perang perjuangan pada tanggal 3 Desember 1945.

 

  1. Monumen Bandung Lautan Api
Sumber Foto: www.bandungklik.com

Pelajar mungkin sudah tidak asing lagi dengan peristiwa sejarah Bandung Lautan Api. Bukti perjuangan rakyat dalam peristiwa tersebut berupa monumen yang terletak Jalan BKR Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung. Monumen dengan tinggi 45 meter didesain seperti kobaran api yang menyala. Demi keamanan bangunan, dibangun pula pagar yang mengelilingi agar terhindar dari kerusakan yang bisa saja disebabkan oleh tangan pengunjung.

Dengan mengunjungi salah satu tempat bersejarah di Bandung ini, pengunjung bisa memutar ingatan dan membayangkan perasaan pengorbanan serta perjuangan rakyat. Di samping itu, di sana juga banyak lukisan indah para pahlawan pada masa peristiwa Bandung Lautan Api di tembok monumen. Apalagi ketika malam hari, suasana monumen dan sekitarnya sangat indah dengan banyak pedagang yang berjualan. Meskipun hanya berupa monumen, bangunan ini memiliki daya tarik yang besar. Semua orang ingin mengunjunginya.

Apakah Bandung Memiliki Banyak Tempat Bersejarah?

Banyak orang berfikir bahwa pergi ke tempat sejarah lebih seru daripada mengunjungi tempat-tempat lawas yang pasti membosankan. Namun, perlu diketauhi, mengunjungi tempat-tempat bersejarah itu sangat diperlukan. Apakah memiliki daya tarik? Tentu saja, wisata seperti itu malah memiliki daya tarik tersendiri yang tidak akan membuat pengunjung bosan.

 

Wisata yang berbau sejarah, tidak akan mengecewakan pengunjung. Pasalnya, semua orang khususnya pelajar pasti sudah memperlajari sejarah indonesia yang memiliki banyak cerita di masa lampau. Bukti perjuangan atau pengorbanan rakyat zaman dahulu bisa di lihat dari bangunan-bangunan bersejarah. Salah satu daya tarik tersebut bisa dirasakan oleh pengunjung karena terseret ke suasana masa lampau.

 

Tempat bersejarah di Bandung tidaklah sedikit. Masyarakat Indonesia terutama penduduk Kota Bandung sendiri tau jika banyak kisah perjuangan dan pengorbanan yang terjadi di Bandung. Beraneka ragam kesenian dan kebudayaan yang unik menunjukkan ciri khas Bandung. Tak heran jika Bandung menjadi kota yang banyak dikunjungi baik dari dalam maupun luar negeri.

 

Wisata Bersejarah bukan hanya digunakan sebagai study tour saja. Semua kalangan ingin menikmati bangunan-bangunan yang sangat penting di wisata-wisata sejarah seperti di Bandung. Selain 3 bangunan di atas masih banyak lagi wisata sejarah yang ada di Kota Kembang ini. Bandung menyimpan banyak cerita sejarah Indonesia yang pasti sudah dipelajari di sekolah dan ditekuni lagi di dunia perkuliahan seperti pada jurusan sejarah.

 

Tempat bersejarah di Bandung masih banyak, seperti: Museum Konferensi Asia Afrika, Goa Belanda, Gedung Merdeka, Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat, Masjid Raya Bandung, Landmark Convention Center, Museum Mandala Wangsit Siliwangi, dan lain sebagainya. Indonesia memiliki keragaman budaya dan berbagai daerah yang memiliki ciri khas sendiri. Dari zaman penjajahan hingga sekarang, Indonesia mempertahankan daerah yang menyimpan banyak cerita.

Jika kalian sedang atau akan melakukan perjalanan study tour dan harus menginap dengan budget yang terbatas dan menginginkan layanan yang oke punya banget coba aja menginap di Turu Hotel

Hotel Nyaman Bersih Di bandung Tahun 2022
  • Hotelnya bersih dan nyaman
  • Ada ruang coworking spacenya
  • Ada kids zone (playground)
  • Internet Super Ngebut 100 mbps
  • Free Mineral Water

 

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.