Beberapa Hal Penting yang Wajib Diterapkan dalam Manajemen Hotel di Indonesia

Beberapa Hal Penting yang Wajib Diterapkan dalam Manajemen Hotel di Indonesia

 

Pandemi telah membuat kehidupan manusia menjadi sulit. Terutama dalam sektor ekonomi. Banyak bisnis  gulung tikar karena berkurangnya pendapatan. Contohnya saja di sektor pariwisata. Beberapa manajemen hotel terpaksa merumahkan sebagian karyawannya.

Hal tersebut memang berat untuk dilakukan. Tetapi harus bagaimana lagi, keadaan memaksa pihak pengelola melakukannya. Kalau tidak, akibatnya akan fatal terhadap keberlangsungan usahanya.

Dibalik sebuah masalah, pasti ada baik dan buruknya. Begitu juga dengan kesulitan yang dialami oleh manajemen hotel. Jangan melihatnya dari sisi negatifnya saja. Tetapi, lihat dari segi positifnya juga.

Kondisi ini tak selamanya membawa dampak buruk. Justru ada sebagian orang yang malah diuntungkan dengan adanya virus covid-19. Misalnya,  banyak bermunculan usaha baru seperti operator hotel Turu.id.

Dalam hati kecil Anda pasti bertanya-tanya tentang apa itu bisnis operator hotel. Berdasarkan situs kontan.co.id. operator hotel adalah pihak ketiga yang membantu pemilik dalam mengelola manajemen hotel  dari awal pembangunan hingga bertahun-tahun lamanya.

 

5 Hal Penting yang Harus Ada dalam Manejemen Hotel di Indonesia

Mengutip dari uc.ac.id, pengertian dari manajemen hotel adalah sebuah ilmu yang mempelajari tentang perencanaan, pengelolaan, pemasaran, dan pengawasan dalam bisnis jasa penginapan atau perhotelan.

Namun, seiring berjalannya waktu.  Praktik pengelolaan dari beberapa hotel dijalankan oleh satu perusahaan induk. Di mana perusahaan tersebut  berperan sebagai pembuat aturan.

Singkatnya,  meskipun hotel-hotel yang dinaunginya itu mempunyai nama dan brand berbeda. Tetapi, SOP yang berlaku tetaplah sama. Jadi, Anda jangan heran apabila menemui hotel dengan konsep pelayanan yang mirip.

Pada umumnya, metode tersebut dinamakan jaringan manajemen hotel. Yaitu sekumpulan brand bisnis hotel yang berada pada satu entitas aturan dari manajemen yang mereka pilih sendiri.

Pihak manajemen biasanya akan memberikan susunan peraturan mengenai cara mengelola hotel yang baik sesuai SOP berikut ini.

1. Manajemen Hotel Mengenai Kualitas SDM

Penilaian  apakah  hotel itu baik atau buruk bisa dilihat dari bagaimana cara karyawannya memberikan pelayanan kepada pelanggannya. Poin ini menjadi titik krusial yang tidak boleh diabaikan pihak pengelola.

Satu saja pelanggan mengatakan tidak puas, rating manajemen hotel bisa langsung anjlok. Sekarang ini zamannya kabar mudah menyebar secepat kilat. Dalam hitungan beberapa detik, berita itu akan sampai ke telinga banyak orang.

Supaya kualitas SDM kian hari kian membaik. Pihak pengelola harus menyiapkan aturan atau SOP yang mudah dipahami oleh staffnya. Itulah yang sedang dilakukan oleh perusahaan operator hotel Turu.id.

Kami mencoba membuat daftar aturan manajemen hotel baku untuk semua SDM tentang tugas dan kewajiban masing-masing. Selain itu, kami juga memberikan pelatihan guna meningkatkan keahlian para staff menjadi lebih baik.

 

2. Membuat Suasana Tempat Kerja yang Nyaman

Pernahkah Anda melihat seorang karyawan hotel memasang muka masam atau memberikan pelayanan yang buruk?. Bisa jadi hal tersebut disebabkan karena mereka kurang mendapatkan perhatian dari manajemen hotel. 

Menciptakan suasana tempat kerja yang nyaman harus menjadi prioritas utama bagi pihak manajemen. Apabila terdapat kesenjangan hubungan antara atasan dan bawahan. Ini bisa berakibat buruk terhadap konsumen.

Oleh karenanya, pihak manajemen wajib memperhatikan betul mengenai kesejahteraan karyawannya. Mulai dari pemberian gaji  tepat waktu, THR, kenaikan pangkat, bonus, liburan, dan lain sebagainya.

Jika pihak manajemen hotel dapat memenuhi semua persyaratan di atas, maka tingkat kualitas dari kinerja karyawan tersebut pun akan ikut meningkat. Mereka senang melakukan pekerjaannya dan konsumen pun mendapatkan pelayanan yang memuaskan.

Di turu.id sendiri, kami tidak berfokus pada penjualan semata. Namun, kami lebih mengedepankan kualitas layanan dan maintenance.  Kami mencoba memberikan pendampingan dan penyuluhan kepada tim agar bisa memaksimalkan kompetensi yang dimilikinya.

Kami tidak membeda-bedakan hubungan antar karyawan. Malahan kami ingin menjalin hubungan layaknya seperti keluarga sendiri. Bukan sebatas manajemen hotel dengan timnya.

 

3. Tahu Cara Mengelola Keuangan Perusahaan dengan Baik

Meskipun sudah memiliki sumber daya manusia dan tempat kerja yang nyaman. Itu tidak bisa menjadi jaminan bahwa manajemen hotel tersebut baik. Ada satu hal penting krusial lainnya yang tak boleh diabaikan, yaitu mengenai pengelolaan keuangan perusahan.

Banyak hotel yang mengalami kebangkrutan karena tidak tahu bagaimana cara mengelola keuangan secara optimal. Sering kali terjadi permasalahan antara pihak pengelola dengan pemilik terkait anggaran pemasukan dan pengeluaran.

 

Berbeda halnya dengan turu.id. Kami selalu memberikan laporan keuangan yang transparan dan sistematis melalui TURU Hotel Management System (HMS).

Keuntungan lainnya yang bisa Anda dapatkan jika bekerja sama dengan manajemen hotel kami.  Pertama, mendapatkan operasional pendanaan. Dan kedua, free management fee sesuai jenis kontrak yang Anda pilih sebagai property owner.

 

4. Terdapat Perlengkapan K3 dan Sistem Sanitasi Memadai

Selain memikirkan kenyamanan konsumen dan karyawannya, manajemen hotel juga harus memperhatikan tingkat keamanan penginapannya dan fasilitasnya.

Teliti betul mengenai bahan bangunannya, letak penerangannya, kelistrikan, air, perabotannya, dan  benda lain yang ada di dalam hotel. Semuanya sudah harus steril dan aman dari bahaya apa pun.

Sementara itu, untuk peraturan tentang K3 atau prosedur keselamatan kerja sudah diatur dalam perundang-undangan Pemerintah Republik Indonesia. Dan tentunya peraturan tersebut harus ditaati oleh seluruh manajemen hotel.

Peraturan mengenai K3 juga telah diterapkan di hotel-hotel binaan turu.id. Kami memiliki standarisasi property yang terjamin kualitas dan keamanannya. Serta terdapat sistem sanitasi yang memadai untuk para pelanggan kami.

 

5. Manajemen Makanan dan Minuman Hotel

Aspek terpenting yang menjadi penilaian terhadap sebuah hotel adalah dari penyediaan makanan dan minumannya. Saat kedua aspek tadi memuaskan hati pelanggan, kemungkinan besar bisa mendatangkan banyak pelanggan bagi manajemen hotel.

Turu.id  menyediakan pelayanan turu coffe dan cafe untuk memuaskan rasa lapar dan dahaga konsumen. Di dalamnya tersedia daftar menu makanan dan minuman yang enak-enak. Tentu saja bahan yang digunakan itu punya standarisasi khusus.

Menjalankan manajemen hotel itu memang selalu ada pasang surutnya. Sehingga dibutuhkan kerja sama tim yang solid agar dapat meraih kesuksesan. Mulailah bergabung bersama kami di  https://turu.id/ untuk menciptakan hotel impian Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.